Web akhmad fauzi


Tetap semangat dalam berkarya untuk ibadah
Perubahan Makna, Ilustrasi Membaca Benar Salah Indonesia, itu Bahasaku (3-4)

Ulama itu bentuk jamak dari kata alim. Alim maknanya ahli ilmu, orang yang banyak ilmunya. Dari sisi gramatikal, istilah ini mulanya dipakai untuk sebutan (siapa saja) orang yang berilmu. Kini, kosa kata ini terjadi spesialisasi, pengkhususan. Pemakai bahasa membatasi pemakaian kata alim hanya untuk mereka yang dalam ilmu agamanya.

Agaknya, dalam konteks kekinian, ada yang ingin melakukan perubahan makna kata lagi. Tidak lagi melakukan pembatasan atas pemakaian maknanya, tetapi ingin pula mengembalikan kata ulama ini pada konteks siapa saja (umum), namun secara abstrak. Di sisi lain makna ulama ingin digeser (peyorasi) ke makna sebaliknya. Yang tadinya berkonotasi bagus (positif) ke makna yang legam, kotor, dan tidak pantas.

Unik melihat gelagat ini. Bukan hanya ulama yang menjadi sasaran kerja untuk dilakukan perubahan dalam pemaknaan di tingkat pemakai. Taruhlah istilah "marah-marah, arogan". Dalam satu tahun terakhir kata tersebut ingin dimaknakan berbeda (oleh sebagian) pemakai bahasa. Menafsir dengan gaya hipokrasi sering ditampakkan untuk mendifinisikan makna kata secara parsial. Sehingga muncullah tafsir tegas, berani, untuk memaknai marah-marah, arogan tersebut.

Jelas, tabiat pemakai bahasa semacam ini (terkesan) berkeinginan memperkosa pemahaman makna (secara normatif) pemakai bahasa agar mengikuti jabaran "makna baru" menurut dia.

Mungkin masih ingat dibenak kita bagaimana Ratu Atut "dihajar" gerombolan opini ketika dia terjerat kasus korupsi. Saya pernah menulis masalah ini di koran beberapa waktu lalu. Ada hasrat dari gerombolan opini untuk menghancurkan istilah "ratu", meski (mungkin saja) si gerombolan opini ini tidak menyadari jika telah melakuan eksperiman perubahan makna dari kata ratu.

Penghujatan atas kata "ratu" di depan nama "Atut", hampir saja menjadikan kata ratu ini mengalami peyorasi, yaitu perubahan makna dari hal yang positif ke hal yang negatif!

Masih ingat juga kan dengan kata "ustadz", yang kemudian digandengkan kata "pustun" atau "sapi".

Ada yang sengaja menghentak gerakan pembalikkan atas makna-makna ini. Bahkan surgapun tidak ditafsiri sebagai hal yang baik. Tetapi ingin "dikotak-kotak" menjadi surganya si x, surganya si y, atau surga dalam tafsir jidatnya. Bukan dimaknai secara konstekstual sebagai simbol kebaikan.

Selamat berperang, wahai pegiat opini-opini dengan segala pembalikan makna yang mengikutinya. Pesan saya, membalikkan sebuah makna tidak cukup dengan mengontrol derasnya pemakaian atas pembalikan itu di ranah pemakai. Tetapi butuh keserasian hati dari seluruh pemakai bahasa yang ada atas inisiatif melakukan perubahan makna itu. Jika ternyata keserasian hati itu tidak mampu menyentuh pemakai bahasa, jangan bermimpi kata ulama, kata marah, santun, surga, neraka, dan sebagainya dapat berhasil digeser-geser sesuai selera yang diinginkan.

Yah, sangkil-mangkus adalah bukti sejarah atas pemaksaan perubahan istilah dan makna dalam situasi kebahasaan di lingkup bahasa Indonesia.

Benar salah memang tidak akan pernah akur, meski keduanyapun adalah keniscayaan untuk selalu ada dalam wilayah kehidupan manusia.

(3-4 dari 13 tulisan yang ada tentang #bulanbahasa, bersambung...)

Salam malam Indonesia yang jernih!

Kertonegoro, 18 Oktober 2016
Salam,

Akhmad Fauzi


Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar


    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • TUGAS KE-4; KELAS IX
    20-11-2012 15:08:37  (64)
  • TUGAS KE-4; KELAS VIII
    31-10-2012 22:06:36  (62)
  • ANTOLOGI PUISI : DIALOG SETENGAH JALAN : EPISODE 1; Bersimpuh Keyakinanh
    30-10-2012 22:44:53  (56)
  • Tugas Kelas IX
    18-10-2012 12:16:29  (54)
  • NASKAH DRAMA UNTUK MATERI LATIHAN 2
    24-11-2012 14:56:24  (51)

Artikel Terbaru

Pengunjung

    829444

ANIMASI GBR POJOK

VISITOR DATE

Flag Counter

STATS domain 1

Check google pagerank for bermututigaputri.guru-indonesia.net Rating for bermututigaputri.guru-indonesia.net Rating for bermututigaputri.guru-indonesia.net

DAERAH SEBARAN

REPUTASIWEB

Website reputation

Facebook

alexa

alexa link

Link Partner