Web akhmad fauzi


Tetap semangat dalam berkarya untuk ibadah
Jember Masih Kekurangan Tenaga Kesehatan

Jember Masih Kekurangan Tenaga Kesehatan

Jember Masih Kekurangan Tenaga Kesehatan

Oleh : Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember*

Tenaga kesehatan sangat dibutuhkan disetiap wilayah pemerintahan baik di setiap Negara bahkan di setiap desa harus mempunyai tenaga kesehatan untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di wilayah tersebut. Banyak yang beranggapan tenaga kesehatan hanya terfokus pada kuratif atau mengobati orang yang menderita sakit, namun sebenarnya tenaga kesehatan juga sangat berperan aktif dalam mengatasi preventif kesehatan agar masyartakat tidak terkena penyakit dan promosi kesehatan untuk mempromosikan hidup sehat di masyarakat. Salah satunya di kabupaten Jember, jumlah tenaga kesehatan kurang, misalnya di beberapa puskesmas di Kabupaten Jember jumlah tenaga kesehatan yang ada,  tidak sesuai dengan upah yang diterimanya, lebih banyak tenaga kesehatan honorer yang mempunyai penghasilan yang rendah tetapi mempunyai tugas dan resiko pekerjaan yang besar.

Contoh tenaga kesehatan yang masih kurang dan perlu ditambahkan adalah sarjana kesehatan masyarakat. Pada setiap daerah mempunyai masalah kesehatan yang berbeda-beda dan perlu penanggulangan, tetapi lebih penting adalah promosi kesehatan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran kepada masyarakat agar prilaku masyarakat dapat hidup sehat dan konsep preventif terhadap prilaku masyarakat yang sehat dan  yang beresiko tinggi terhadap suatu penyakit dapat dicegah dengan baik.

Suatu program kesehatan di masyarakat terutama bidang kesehatan harus dapat berkesinambungan dan diteruskan dengan baik agar tujuan program kesehatan dapat tercapai. Program kesehatan Pemerintah Kabupaten Jember yaitu “Jember Sehat 2010” yang sebenarnya program tersebut harus konsisten dilaksanakan dengan baik termasuk dalam jumlah tenaga kesehatan yang sebenarnya perlu ditambah agar program kesehatan dapat terlaksana dengan baik. Tetapi dalam kenyataannya program Jember Sehat 2010 telah berakhir dan menurut beberapa pihak program tersebut harus diteruskan dan tidak sesuai dengan target serta perlu dukungan dari tenaga kesehatan yang memadai agar program tersebut dapat terus berdampak baik terhadap kesehatan masyarakat Kabupaten Jember.

Dalam kenyataannya pada tahun 2014, program Jember Sehat 2010 telah berakhir dan ada beberapa tenaga kesehatan yang sebenarnya masih dibutuhkan namun sekarang tidak dipekerjakan karena terkait dengan program kesehatan Jember Sehat 2010 telah berakhir. Dari pengurangan jumlah tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten jember berdampak pada angka kesekitan di masyarakat. Misalnya, jumlah angka kematian ibu dan bayi terus meningkat dari tahun ke tahun dari data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mulai tahun 2008-20011 di Kabupaten Jember Jumlahnya terus meningkat. Pada 2011 jumlah kematian ibu sebesar 54 kasus ini dikarenakan jumah tenaga kesehatan baik dari promosi kesehatan, preventif kesehatan, bahkan kuratif harus memadai agar angka kematian ibu dan bayi dapat teratasi dan berkurang. Dalam realitanya, jumlah bidan dan tenaga kesehatan masyarakat tidak sebanding dengan jumlah konsumen pelayanan kesehatan.

Meninjau dalam beberapa kasus masalah kesehatan di Kabupaten jember, kami sebagai Mahasiswa bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku fakultas Kesehatan masyarakat Universitas Jember mengaku sangat miris terkait dengan kurangnya tenaga kesehatan yang tidak sebanding dengan jumlah konsumen pelayanan kesehatan yang berakibat besar terhadap derajat kesehatan masyarakat. Dan bagaimanakah sikap Pemerintah menyikapi masalah tersebut dan menjadi tanda tanya besar kenapa setiap program pemerintahan masih belum terlaksana dengan optimal. (*)


Disadur dari : http://www.titik0km.com/jember-masih-kekurangan-tenaga-kesehatan.html#ixzz3EXJSxtwq
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike
Follow us: @titik0km on Twitter

 

Diposting pada : 27 September 2014


Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar


    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • TUGAS KE-4; KELAS IX
    20-11-2012 15:08:37  (64)
  • TUGAS KE-4; KELAS VIII
    31-10-2012 22:06:36  (62)
  • ANTOLOGI PUISI : DIALOG SETENGAH JALAN : EPISODE 1; Bersimpuh Keyakinanh
    30-10-2012 22:44:53  (56)
  • Tugas Kelas IX
    18-10-2012 12:16:29  (54)
  • NASKAH DRAMA UNTUK MATERI LATIHAN 2
    24-11-2012 14:56:24  (51)

Artikel Terbaru

Pengunjung

    852566

ANIMASI GBR POJOK

VISITOR DATE

Flag Counter

STATS domain 1

Check google pagerank for bermututigaputri.guru-indonesia.net Rating for bermututigaputri.guru-indonesia.net Rating for bermututigaputri.guru-indonesia.net

DAERAH SEBARAN

REPUTASIWEB

Website reputation

Facebook

alexa

alexa link

Link Partner