Web akhmad fauzi


Tetap semangat dalam berkarya untuk ibadah
PRO KONTRA PASAL SANTET

PRO KONTRA PASAL SANTET YANG MASIH BERGULIR

 

JAKARTA (titik0km.com)Masih ingat Pasal Santet ?  Ya, walaupun masih sebatas RUU Tindak Pidana Ilmu Gaib telah menyebabkan banyak pro dan kontra, juga menimbulkan banyak pertanyaan, bagaimana membuktikan “santet” dalam kontek hukum materiil. Sedangkan diluar banyak sekali tindakan dari oknum masyarakat yang menggunakan alibi “santet” sebagai fitnah dan terkadang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang yang begitu mudahnya diberi tuduhan “santet”. Hal ini mengemuka pada Acara Sosialisasi Pasal Tindak Pasal Ilmu Gaib dalam RUU KUHP, di Auditorium Kampus Ilmu Kepolisian PTIK di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis, (24/10) kerjasama antara KPN-UI dan PTIK Jakarta.

Menurut Pakar Hukum Pidana UI, Prof. DR. Ronny Nitibaskara menyatakan, meski pasal santet menuai kontroversi namun memiliki nilai positif, bahwa penerapan pasal santet bisa melindungi orang-orang yang difitnah melakukan santet dari proses main hakim sendiri yang dilakukan oknum masyarakat, “Meski penegak hukum sendiripun, pada akhirnya menemui kendala dalam hal pembuktian yang bersifat hukum materii, apakah orang yang dituduh tersebut memang melakukan santet atau tidak,” papar Ronny Nitibaskara dalam acara yang banyak dihadiri oleh mahasiswa S1 dan S2 PTIK dan UI tersebut.

Bertindak sebagaimoderator adalah Prof. DR. Nitibaskara serta menghadirkan pembicara DR. Gagan Mohamad dan H. TB. Yuhyi yang merupakan praktisi spiritual ini, Acara Sosialisasi Pasal Tindak Pasal Ilmu Gaib dalam RUU KUHP, lebih menyoroti gejala sosial yang terjadi saat ini seperti sistem main hakim sendiri kepada pelaku santet. Bahkan, dalam beberapa kasus, digunakan juga untuk menyingkirkan orang yang tidak disukai bisa melakukan dengan cara memfitnah seseorang dengan tudingan santet. “Jadi kalau kita tidak suka atau ingin menyingkirkan orang lain, kita tinggal fitnah orang itu melakukan santet lalu dia dihakimi. Oleh karena itu, pasal ini diperlukan untuk mencegah gejala sosial seperti itu,” papar Ronny. Tetapi, Ronny yang dilibatkan dalam pembuatan RUU KUHP ini mengaku pasal santet ini ada sisi negatifnya. Menurutnya, draft pasal 293 RUU KUHP* ini tidak disusun dengan delik materil.  “Saya tidak menyarankan penyusunan delik santet yang mengacu pada perumusan yang bersifat materil karena adanya kendala pembuktian. Yang dipidana bukan pembunuhan terselubung oleh tukang santet, melainkan perbuatan mereka yang mengganggu ketertiban umum,” sambungnya lagi.

DR. H. Gagan Mohammad selaku narasumber lebih fokus memaparkan bagaimana terjadinya proses ilmu gaib seperti santet, teluh, tenung, dan sebagainya, melalui sisi ilmu pengetahuan walaupun teknologi saat ini belum bisa mengadaptasi pembuktian secara detail.”Proses pengiriman material santet, paku, jarum, rambut, atau yang lainnya kedalam tubuh manusia yang bermaksud untuk mencelakakan subyek bisa dimungkinkan sesuai dengan teori relativitas Einstein. Teori ini menjelaskan bagaimana proses material padat dapat menembus ruang dan waktu menuju titik koordinat yang ditentukan dengan kecepatan cahaya, bagi yang menggemari film Startrek pasti sudah mengatahui secara visual bagaimana orang dalam film tersebut dengan mudah berpindah tempat dengan hanya dengan waktu sepersekian detik ke tempat tujuan,” kata Gagan Muhammad.

Pelaku santet menentukan koordinat ini melalui DNA subyek yang direpresentasikan oleh  nama dan nama ibu kandung atau foto atau bagian tubuh subjek seperti rambut, darah dll dan mengirimkan ke subjek santet dengan proses ilmu kebatinan, seraya menambahkan bahwa ilmu kebatinan tidak serta merta terkait dengan agama apapun dan bisa dipelajari secara terpisah melalui proses yang cukup panjang. “Saya berharap suatu saat nanti tekhnologi yang ada akan mampu membuktikan proses santet ini secara sains, karena itu memiliki dampak yang cukup luas dimasyarakat dari sisi yang positif tentunya,” kata Gagan lagi.

Narasumber yang lain H. TB Yuhyi yang juga pelaku spiritual juga didaulat untuk memberikan materi dengan menampilkan secara langsung proses santet dan ilmu kebatinan lain seperti kekebalan tubuh. Dalam materinya H. TB. Yuhyi memperlihatkan bagaimana proses santet terjadi dengan memasukkan material padat seperti paku kedalam sebutir kelapa melalui proses kebatinan. Selain itu H. Tb Yuhyi juga mempraktekan kekebalan yang diperoleh secara kebatinan dengan menggunakan audien sebagai model serta secara tiba tiba mengiris lengan, leher, serta lidahnya dengan pisau tajam, yang sebelumnya tubuh audiens tersebut telah dibasuh dengan air yang sudah di bacakan doa oleh H. TB. Yuhyi sendiri. (gun/ias)

*Kutipan RUU KUHP Pasal 293
Ayat 1 : Setiap orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan, menimbulkan harapan, menawarkan atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain bahwa karena perbuatannya dapat menimbulkan penyakit, kematian, penderitaan mental atau fisik seseorang dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak kategori IV.
Ayat 2 : Jika pembuat tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 melakukan perbuatan tersebut untuk mencari keuntungan atau menjadikan sebagai mata pencaharian atau kebiasaan, maka pidananya ditambah dengan sepertiga.”

DR. H. Gagan Mohammad, Prof. DR. Ronny Nitibaskara, H. TB. Yuhyi dalam acara Sosialisasi Tindak Pidana Ilmu Gaib yang dilenggarakan KPN UI dan PTIK Jakarta

Diposting pada : 25 Oktober 2013


Komentar :

Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar


    [Emoticon]

Pengumuman PPMB

Artikel Popular

  • TUGAS KE-4; KELAS IX
    20-11-2012 15:08:37  (64)
  • TUGAS KE-4; KELAS VIII
    31-10-2012 22:06:36  (62)
  • ANTOLOGI PUISI : DIALOG SETENGAH JALAN : EPISODE 1; Bersimpuh Keyakinanh
    30-10-2012 22:44:53  (56)
  • Tugas Kelas IX
    18-10-2012 12:16:29  (54)
  • NASKAH DRAMA UNTUK MATERI LATIHAN 2
    24-11-2012 14:56:24  (51)

Artikel Terbaru

Pengunjung

    868752

ANIMASI GBR POJOK

VISITOR DATE

Flag Counter

STATS domain 1

Check google pagerank for bermututigaputri.guru-indonesia.net Rating for bermututigaputri.guru-indonesia.net Rating for bermututigaputri.guru-indonesia.net

DAERAH SEBARAN

REPUTASIWEB

Website reputation

Facebook

alexa

alexa link

Link Partner